Upaya Pemerataan Penerapan Edukasi Kesehatan Sejak Dini Kepada Masyarakat Melalui Program Parenting School (Pendidikan Keorangtuaan)

   Sehat merupakan hal yang penting bagi manusia. Memiliki tubuh yang tidak sehat akan sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan.  Oleh karena itu penting bagi kita sebagai manusia untuk menjaga kesehatan, baik kesehatan diri maupun lingkungan sekitar karena dibalik tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

   Banyak permasalahan yang muncul di masyarakat berkaitan dengan kesehatan, misalnya saja kasus penyebarluasan penyakit menular Human Imunodeficiency Virus (HIV) demam berdarah dan lain sebagainya. Hal tersebut menimbulkan banyak kerugian bahkan merenggut banyak korban jiwa. Berdasarkan data statistik kesehatan di Indonesia pada 10 Desember 2013 menyatakan bahwa kematian orang dewasa umumnya disebabkan karena penyakit menular, penyakit degeneratif, kecelakaan atau gaz3iya hidup yang beresiko terhadap kematian. Sedangkan kematian bayi dan balita umumnya disebabkan oleh penyakit sistim pernapasan bagian atas (ISPA) dan diare, yang merupakan penyakit karena infeksi kuman. Faktor gizi buruk juga menyebabkan anak-anak rentan terhadap penyakit menular, sehingga mudah terinfeksi dan menyebabkan tingginya kematian bayi dan balita di sesuatu daerah (www.datastatistik-indonesia.com).

   Permasalahan tersebut banyak diakibatkan karena tidak adanya  atau tidak dimilikinya pengetahuan dan pemahaman mengenai kesehatan oleh masyarakat. Maka dari itu, penting sekali pemahaman mengenai kesehatan bagi masyarakat karena salah satu cara untuk dapat menjaga kesehatan adalah diawali dengan kesadaran untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai bagaimana menjaga kesehatan itu sendiri.

   Pengetahuan dan pemahaman tentang kesehatan perlu dilakukan sejak masih kecil agar seseorang memiliki kemampuan untuk dapat menjaga kesehatan baik diri pribadinya maupun lingkungannya seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan dirinya. Jika seseorang telah diberi pemahaman mengenai kesehatan sejak dini, maka peluang untuk dapat melakukan aktivitas positif bagi kesehatan dapat lebih banyak dilakukan.

   Saat ini di Indonesia telah banyak dilakukan kegiatan edukasi kesehatan, antara lain yang sekarang banyak dilakukan misalnya penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, penyuluhan tentang kesehatan ibu dan anak, penyuluhan tentang pemberantasan penyakit menular dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan edukasi kesehatan tersebut ada yang berjalan dengan baik tapi ada pula yang masih belum berjalan dengan baik, padahal jika dilihat dari segi manfaat dan tingkat kepentingannya, kegiatan edukasi kesehatan itu sangat bermanfaat dan penting sekali. Banyak faktor yang membuat terhambatnya pelaksanaan kegiatan edukasi kesehatan, salah satu yang mendasari terhambatnya keberhasilan kegiatan tersebut adalah karena kurangnya pemerataan edukasi kesehatan yang dijalankan, hal itu dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain misalnya karena faktor demografi, tenaga sumber daya manusia, dana, sarana dan prasarana dan lain – lain.

   Bertolak dari hal tersebut, salah satu upaya untuk menanggulangi permasalahan pemerataan edukasi kesehatan pada masyarakat adalah dengan melakukan kegiatan edukasi kesehatan melalui program parenting school. Program parenting school  atau biasa dikenal dengan program pendidikan keorangtuaan merupakan program yang sudah marak digalakkan oleh berbagai lembaga baik formal maupun nonformal, baik di pedesaan maupun diperkotaan. Umumnya, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan orang tua dalam merawat dan mendidik anak usia dini agar mampu menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara tepat dan benar, oleh karena itu program ini dapat menjadi sarana yang baik untuk edukasi kesehatan bagi masyarakat.

   Mengapa edukasi kesehatan perlu dilakukan melalui program parenting school atau program pendidikan keorangtuaan? Jawabannya adalah karena pada dasarnya pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki seseorang awalnya didapat melalui interaksi dengan orang-orang terdekatnya dalam hal ini adalah keluarga terutama orangtua. Pengetahuan dan pemahaman tersebut mencakup keseluruhan aspek kehidupan termasuk juga aspek kesehatan sehingga dalam hal ini keluarga khususnya orangtua akan sangat berpengaruh terhadap pengetahuan dan pemahaman yang mengenai kesehatan yang dimiliki oleh anak-anaknya. Melalui orangtua dan keluarga, anak akan belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan dalam kehidupan sehari – hari mulai dari hal – hal yang sepele atau sederhana sampai pada hal yang rumit. Contohnya saja anak akan mengetahui bagaimana caranya mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya dan lain – lain melalui apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh orangtuanya.

   Perilaku anak tercermin dari perilaku orangtuanya. Begitupun dalam hal edukasi kesehatan. Jika orang tua tidak memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai kesehatan yang baik kepada anak-anaknya, maka dapat diprediksikan bahwa anak-anaknya tersebut tidak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik pula tentang kesehatan. Hal ini berkorelasi juga dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki oleh orang tua yaitu jika orang tua memiliki pengetahuan dan pemahaman yang kurang tentang kesehatan maka kemungkinan besar anak-anaknya pun memiliki pengetahuan yang sedikit tentang kesehatan karena bagaimanapun keluarga terutama orang tua merupakan landasan atau awal pendidikan bagi anak-anaknya sehingga apapun yang dilakukan oleh orangtua pada anaknya akan berdampak terhadap kehidupan anak tersebut.

   Pelaksanaan edukasi kesehatan melalui program parenting school ini perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak agar dapat berjalan dengan baik. Dukungan tersebut antara lain didapat melalui jalinan kemitraan dengan berbagai pihak yang berkaitan, baik pihak pemerintah maupun swasta, misalnya seperti Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Posyandu, Poskesdes serta perusahaan-perusahaan yang mendukung pelaksanaan berbagai program kesehatan. Melalui jalinan kemitraan dengan lembaga-lembaga tersebut, kegiatan edukasi kesehatan melalui program ini diperkirakan akan dapat berjalan secara optimal karena terorganisasi dengan baik. Selain itu, keunggulan program ini karena bekerja sama dengan pihak pemerintah, maka memiliki dasar hukum yang kuat sehingga tidak akan mudah diganggu gugat oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Dari segi pendanaan, tentunya tidak akan menemukan kesulitan yang berarti, mengingat program ini akan mendapat dukungan penuh dari pemerintah serta pihak sponsor.

   Hal lain yang penting dilaksanakan dalam pelaksanaan edukasi kesehatan adalah sosialisasi dan publikasi. Dengan sosialisasi dan publikasi yang baik, akan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk mengikuti kegiatan edukasi kesehatan. Langkah sosialisasi dan publikasi yang dilakukan adalah melalui media, baik media cetak maupun media digital. Misalnya melalui selebaran famplet, poster, radio, televisi bahkan situs jejaring sosial, selain itu juga sosialisasi dapat dilakukan melalui “mouth to mouth”  atau dari mulut ke mulut dengan asumsi bahwa masyarakat cenderung memiliki komunikasi interpersonal yang baik. Upaya sosialisasi dan publikasi lainnya adalah melalui kegiatan bakti sosial, misalnya dengan pemeriksaan dan pengobatan gratis dan lain-lain (yang sifatnya sosial atau non komersil) karena biasanya masyarakat akan lebih mudah dirangkul dengan kegiatan yang sekiranya dapat menguntungkan bagi mereka.

   Akan tetapi semua penjelasan yang berkaitan dengan pemerataan penerapan edukasi kesehatan tersebut akan menjadi percuma dan sia-sia jika hanya sebatas wacana saja tanpa diimplementasikan, maka dari itu mari kita sadari pentingnya edukasi kesehatan dan terapkan hal tersebut dalam hidup kita sehari-hari, minimal dimulai dari dan untuk diri kita sendiri. Salam sehat !

Lomba Blog FPKR

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s